Thursday, November 3, 2011

Keuntungan Sistem Informasi Geografi


Keuntungan Sistem Informasi Geografi - Setelah dua artikel sederhana saya mengenai Komponen Sistem Informasi Geografi dan Penerapan Sistem Informasi Geografi pada kali ini saya akan sedikit membahas sedikit mengenai Keuntungan Sistem Informasi Geografi.Semoga dengan adanya artikel sederhana saya ini teman - teman dapat mengetahui Keuntungan Sistem Informasi Geografi yang sebenarnya.

Mengapa penyajian data dalam SIG menggunakan komputer? Alasannya adalah, karena penyajian data geografi secara manual memerlukan waktu yang lama untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Di samping itu, ketelitian informasi yang kita peroleh dengan cara manual tergantung pada ketelitian si pembuat peta yang sangat relatif (tingkat ketelitiannya diragukan), sehingga dengan cara manual kita tidak dapat memperoleh informasi secara tepat dan teliti.

Dalam mengkaji persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi dari sudut pandang keruangan dan kewilayahan, geografi memerlukan informasi yang cepat, tepat dan akurat (terhindar dari kesalahan) tentang gejala-gejala tersebut.

Untuk mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat, diperlukan alat bantu untuk menganalisis data yang diperlukan. Alat bantu tersebut merupakan suatu sistem, yang mampu menangani data geografi secara cepat, tepat dan akurat, yaitu dengan sistem komputer.

Selain diperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat, keuntungan SIG dengan menggunakan komputer adalah:
  1. Mudah dalam mengolah.
  2. Pengumpulan data dan penyimpanannya hemat tempat dan ringkas (berupa disket).
  3. Mudah diulang kalau sewaktu-waktu diperlukan.
  4. Mudah diubah kalau sewaktu-waktu ada perubahan.
  5. Mudah dibawa, dikirim dan ditransformasikan (dipindahkan).
  6. Aman, karena dapat dikunci dengan kode atau manual.
  7. Relatif lebih murah dibandingkan dengan survey lapangan.
  8. Data yang sulit ditampilkan secara manual, dapat diperbesar bahkan dapat ditampilkan dengan gambar tiga dimensi berdasarkan data SIG dapat dilakukan pengambilan keputusan dengan tepat dan cepat.
Sekian informasi sederhana saya mengenai beberapa Keuntungan Sistem Informasi Geografi.Semoga pengetahuan teman - teman semua meningkat mengenai Keuntungan Sistem Informasi Geografi.

No comments:

Post a Comment